Memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia 2011

Tidak ada komentar

Komik Autisme Pertama di Indonesia Diterbitkan
Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jakarta, Kurangnya informasi seputar autis seringkali membuat keluarga khawatir dan justru menjauhkan anak autis dari masyarakat. Kini ada komik autisme yang bisa memberikan informasi tentang autisme secara bergambar.

Dalam rangka memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia 2011 yang jatuh pada tanggal 2 April setiap tahunnya, Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) meluncurkan komik autisme pertama di Indonesia yang berjudul 'Anak Autis Sahabat Kita Semua'.
"Mengapa komik? Karena komik itu enak dilihat, mudah dimengerti, anak SD saja bisa mengerti. Dan kalau dengar kata komik orang kan langsung tertarik mau baca," jelas Gayatri Pamoedji, SE, MHc, Ketua MPATI, dalam acara Media Briefing Peluncuran Komik Autisme Pertama di Indonesia di Rumah MPATI, Jakarta, Rabu (30/3/2011).Menurut Gayatri, kebanyakan masyarakat di Indonesia tidak bersahabat dengan anak autis.

"Mereka begitu karena mereka tidak tahu. Makanya dengan komik ini kami harap masyarakat bisa dengan jelas memahami apa dan bagaimana menangani anak autis itu," jelas Gayatri.

Gayatri yang juga seorang ibu dari remaja penyandang autis mengatakan bahwa saat ini masih banyak informasi yang kurang jelas seputar autisme dan seringkali membuat banyak keluarga cenderung khawatir dan justru menjauhkan anak autis dari masyarakat.

"Kami berharap komik ini dapat memberi informasi yang mudah dipahami oleh keluarga Indonesia dengan pola asuh yang tepat bagi anak autis agar membantu hidup mereka lebih mandiri," jelas Gayatri.

Komik yang rencananya akan diterbitkan berseri ini dijual dengan harga Rp 5.000 per buah dan hasil penjualannya akan digunakan MPATI untuk mendukung program yang berhubungan dengan kemajuan penyebarluasan informasi mengenai autisme.

Komik serial pertama yang baru saja diluncurkan berjumlah 11 halaman dan menjelaskan tentang ciri-ciri utama anak autis dan bagaimana menangganinya.

MPATI juga sudah memproduksi DVD autisme yang bisa diperoleh gratis bagi orangtua yang serius ingin menangani anaknya yang menyandang autisme.

Selain menerbitkan komik, MPATI juga akan menyelenggarakan seminar gratis bagi para orangtua, guru yang mengajar di sekolah anak berkebutuhan khusus, serta pemerhati autisme di Indonesia.

Seminar setengah hari yang mengambil tema 'Anak Autis Bisa Mandiri' ini akan diadakan pada 3 April 2011 bertempat di Titan Center, Bintaro, Jakarta.

"Melalui seminar ini, MPATI ingin berbagi informasi serta pengalaman kepada para orangtua dan guru mengenai pola asuh yang tepat bagi anak autis. Dengan pola asuh yang tepat, kami percaya anak autis punya harapan akan masa depan yang lebih baik untuk dapat hidup mandiri," tutup Gayatri.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung. Silahkan isi kotak komentar yang telah disediakan.