Profile Yayasan

PROFIL YPMC

Yayasan Pendidikan Melati Ceria (YPMC) merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan dan segala usaha yang berbasiskan pendidikan. YPMC berdiri tahun 2008 (Akta Notaris R.A. Setiyo Hidayati, SH. , MH.  Nomor 74 Tanggal 31 Maret 2008). Yayasan ini sejak tahun 2009, terdiri dari 2 (dua) lembaga/sekolah yaitu 
  1. Lembaga Pendidikan Khusus (LPK) “Melati Ceria” yang merupakan lembaga sosial pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus usia dini (pra sekolah) dan juga melayani pendidikan layanan khusus bagi anak-anak yang membutuhkan seperti anak pengungsi, anak putus sekolah, anak yang terkena narkoba, dll.
  2. Sekolah Khusus “Melati Ceria” yang merupakan sebuah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus usia sekolah (TK dan SD).
YPMC beralamat di jalan Rangas No. 26 Rt. 01 Rw. II Kelurahan Panarung Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya 73111, Provinsi Kalimantan Tengah – INDONESIA.

SIAPA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ?
Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang memerlukan terapi bicara, perilaku, okupasi / fisik dan pendidikan khusus.
Anak-anak tersebut sudah terdiagnosa autis, tuna rungu atau penyimpangan lainnya. ABK ini termasuk juga anak berbakat, gifted dan genius.

VISI DAN MISI MELATI CERIA

VISI

Terwujudnya keunggulan dalam pelayanan anak berkebutuhan khusus, agar dapat  mandiri dan berbudi luhur.

MISI :
  1. Mendorong anak didik berpotensi diri secara optimal.
  2. Memberikan keterampilan dasar dalam kehidupan sehari-hari
  3. Mempersiapkan anak didik sedini mungkin untuk memasuki pendidikan umum.
TUJUAN :
  1. Meningkatkan pemahaman peserta didik pada  setiap materi secara optimal dan terintegrasi agar bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
  2. Merehabilitasi fungsi otot-otot tubuh sehingga dapat menunjang keberhasilan pendidikan/ terapi yang dijalani peserta didik.
  3. Membantu pemerintah dalam menuntaskan program wajib belajar 9 tahun.