Sejarah Melati Ceria

SEJARAH SINGKAT MELATI CERIA

Melati Ceria berdiri pertama kali tahun 2003, namun sebelumnya tahun 2002 dengan nama TK Khusus yang merupakan bagian TKLB dari SLBN-2 Pembina Palangka Raya. TK Khusus ini didirikan oleh Ibu Lilis Lismaya, S.Pd. karena adanya sejumlah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) usia dini yang tidak bisa dilayani di SLBN 2 yang disebabkan lokasi terlalu jauh dari tempat tinggal anak. TK Khusus pada awalnya menangani hanya 2 orang berusia 2 dan 3 tahun yang memerlukan terapi bicara dan perilaku, sehingga Bu Lilis hanya memfungsikan TK Khusus menjadi semacam tempat privat les. Karena siswa terus bertambah dan TK Khusus tidak bisa menampung, maka dibuat kesepakatan kerja sama dengan  TK Aisyiyah di jalan Rasak , untuk itu TK Khusus mengambil tempat di salah satu kelas di TK Aisyiyah.
Tahun 2003 anak yang ditangani mengalami kemajuan dengan pesat baik dalam kemampuan bicara maupun perilaku. Melalui pembicaraan dari mulut ke mulut, masyarakat semakin tahu, muncullah sebutan “Sekolah Ngomong” kepada TK Khusus. Sehingga murid terus bertambah menjadi 8 sampai 15 orang. Seiring dengan semakin banyaknya murid ABK (yang datang melalui informasi dari mulut ke mulut), TK Khusus pada tahun 2003 menyewa tempat di jalan Rangas No. 27 yang kemudian untuk selanjutnya menjadi tempat resmi Melati Ceria beroperasi.
Dengan bertambahnya murid ABK yang membutuhkan penanganan khusus Bu Lilis mengalami kewalahan dalam penanganannya, dan kemudian mencari dan merekrut guru pengajar yang sebelumnya dilatih dahulu oleh Bu Lilis sendiri. Karena untuk menjadi seorang guru anak berkebutuhan khusus harus mempunyai teknik khusus punya sifat sabar, ulet, dan selalu melakukan inovasi pembelajaran, anak berkebutuhan khusus berbeda satu sama lain. Pada akhirnya diperoleh 4 orang guru yang memenuhi persyaratan tersebut.
Pada Tahun 2006 Bu Lilis mempunyai inisiatif mendirikan sebuah lembaga swasta, karena membutuhkan dana untuk menggaji guru-guru yang direkrut. Atas persetujuan orang tua maka pada tanggal 10 Agustus 2006 berdirilah sebuah Lembaga Pendidikan Khusus (LPK) bernama “Melati Ceria” dengan Akta Notaris R.A. Setiyo Hidayati, SH. Dan kemudian mendapat Ijin Operasional dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya dengan No. 420/1000/TK-SD/03/IV/2007, tanggal 17 April 2007.
Sejak berdiri sudah banyak anak berkebutuhan khusus yang ditangani dengan jenis yang bermacam-macam dan paling banyak anak autistik. Tiap bulan selalu ada murid baru, dan setiap triwulan atau semester selalu ada anak yang mutasi karena orang tua merasa anaknya sudah mampu masuk ke sekolah umum. Sehingga jumlah murid yang pernah ditangani LPK “Melati Ceria”sampai bulan Maret 2009 ada 218 orang. Setiap bulan anak yang aktif ditangani berkisar 50-60 orang dengan jumlah guru/terapis 20 orang.

Namun selain anak berkebutuhan khusus yang memerlukan Pendidikan Khusus, ada beberapa anak di sekitar lokasi Melati Ceria yang juga memerlukan Pendidikan Layanan Khusus. Sehingga sebagai upaya dalam menyatukan penyelengaraan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus, serta untuk meningkatkan kredibilitas Lembaga, maka didirikan Yayasan Pendidikan Melati Ceria (YPMC).  Sehingga kemudian LPK “Melati Ceria” beroperasi dibawah naungan YPMC. YPMC berdiri tahun 2008 (Akta Notaris R.A. Setiyo Hidayati, SH. , MH.  Nomor 74 Tanggal 31 Maret 2008).



Sejak YPMC berdiri LPK “Melati Ceria” memfokuskan diri dalam pelayanan anak berkebutuhan khusus usia dini (pra sekolah) dan juga melayani pendidikan layanan khusus bagi anak-anak yang membutuhkan seperti anak pengungsi, anak putus sekolah, anak yang terkena narkoba, dll. Sedangkan bagi anak berkebutuhan khusus usia dini (pra sekolah/TK) dan usia sekolah (SD) dilayani oleh Sekolah Khusus “Melati Ceria” yang mendapatkan Ijin Operasional Nomor : 420/4826/TK-SD&SLB/VI/2009 pada tanggal 29 Juni 2009.