PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS BAGI ANAK-ANAK KORBAN BENCANA BANJIR DI KELURAHAN BERENG BENGKEL, KAMELOH BARU, DAN DANAU TUNDAI, KECAMATAN SABANGAU PALANGKA RAYA

Tidak ada komentar
Ditulis oleh NFF   
Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan Palangka Raya, yaitu sekitar Kecamatan Sabangau ada 3 Kelurahan yang sering terkena musibah banjir bila musim penghujan tiba. Kelurahan tersebut adalah Kelurahan Danau Tundai, Kelurahan Bereng Bengkel, dan Kelurahan Kameloh Baru. Di Kelurahan-kelurahan tersebut terdapat 3 SD Negeri dan 2 SMP dengan jumlah siswa seluruhnya 321 orang, sedangkan jumlah guru baik yang PNS maupun honor ada 47 orang. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah tersebut sering terhambat karena bencana banjir. Walaupun bangunan sekolah sudah ditinggikan namun bagi siswa yang tidak mempunyai jukung (perahu dayung) tidak bisa sekolah. Begitu pula bagi guru-guru mereka harus carter kelotok dengan biaya yang sangat memberatkan.
Image
Sosialisasi PLK

Lembaga Pendidikan Khusus “Melati Ceria” Palangka Raya mempunyai program Pendidikan Layanan Khusus diantaranya Program Remedial/Pengayaan bagi siswa yang memerlukan. Program tersebut bisa membantu siswa-siswa yang mengalami hambatan belajar, baik hambatan yang ada pada diri siswa maupun hambatan yang datang dari luar diri siswa seperti karena adanya bencana alam seperti banjir atau kebakaran, dan sebagainya. Khusus bagi siswa berbakat dan cerdas istimewa Lembaga ini juga mempunyai program pengayaan sehingga potensi yang ada pada anak tersebut dapat berkembang seoptimal mungkin.
Oleh karena itu Lembaga Pendidikan Khusus “Melati Ceria” Palangka Raya mengajukan permohonan bantuan subsidi kepada pemerintah yaitu Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Jakarta sesuai dengan kebutuhan yang sangat mendesak pada saat ini. Dan Alhamdulillah usulan tersebut dapat dikabulkan.
Tujuan penyelenggaraan pendidikan layanan khusus sebagai berikut :
  1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan pendidikan khusus.
  2. Membantu proses belajar mengajar pada pendidikan dasar.
  3. Memotivasi siswa dan guru dalam proses belajar mengajar.
Kegiatan ini meliputi kegiatan – kegiatan : 
  1. Sosialisasi Program PLK 
  2. Pemberian Alat Bahan Ajar
  3. Kunjungan ke sekolah – sekolah rawan banjir
  4. Bimtek PLK bagi guru – guru sekolah rawan banjir
  5. Kegiatan Lomba bagi siswa – siswa sekolah rawan banjir
Image
Foto Kegiatan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung. Silahkan isi kotak komentar yang telah disediakan.